TOKO KUE ONLINE
(STUDI
KASUS PADA TOKO QANITA PASTRY)
Abstrak
Semakin berkembangnya ilmu teknologi didalam dunia industri dan perdagangan saat ini, menyebabkan banyak perusahaan yang memanfaatkannya untuk memasarkan barang dan jasa. Perkembangan teknologi yang pesat membuat kita lebih mudah untuk memasarkan produk yang kita hasilkan dan juga memperkenalkannya melalui
dunia internet, sebab memasarkan produk melalui media internet dapat sangat mempercepat proses pemasaran itu sendiri,
dikarenakan melalui media tersebut
jangkauan menjadi sangat luas dan seolah tak terbatas, dapat diakses dari
mana saja dan dimana saja. Disamping itu biaya dapat menjadi
sangat murah. Qanita Pastry
merupakan sebuah usaha rumahan yang
bergerak dalam
pembuatan kue yang beberapa tahun belakangan
ini
baru
memberanikan diri untuk memulai mengembangkan usahanya tersebut, namun sistem
yang dimilikinya masih merupakan
sistem manual. Qanita
Pastry tertarik untuk
membuat sistem pemesanan dan penjualan
secara online dengan
membangun sebuah
website yang dapat menjual produknya dengan cepat sehingga
pelanggan tidak perlu bersusah
payah datang ke toko Qanita
Pastry untuk membeli
produk-produk kue nya. Website
penjualan ini dibuat untuk memasarkan sekaligus pula mempercepat proses pemesanan. Website
ini dibuat
menggunakan bahasa pemograman HTML, PHP dan MySQL.
Website ini diharapkan dapat membantu dalam memasarkan produk-produk dari Qanita Pastry, dan membatu pelanggan
dalam melakukan transaksi pemasanan dan pembelian. Untuk dapat menjaga
performance website ini, agar
dapat dilakukan maintenance dan pembaruan yang teratur, dengan demikian
diharapkan dapat tetap eksis dan selaras dengan kebutuhan yang akan datang.
Kata kunci : Internet, website,
toko, online, kue
1. Pendahuluan
Dengan perkembangan teknologi yang
tentunya sudah semakin maju, dan semakin
membaiknya sistem kurir yang ada, maka penulis
mempunyai sebuah ide pembuatan sistem
pemesanan dan penjualan online yang muncul ketika bersilaturahmi
kerumah
seorang kawan yang sedang
mengelola sebuah bisnis
berjualan macam-macam, nama
usahanya diberi nama
Qanita Pastry merupakan sebuah usaha rumahan yang dikelola oleh sebuah keluarga
yang sangat kreatif untuk menciptakan dan membuat berbagai
kue terutama
berjenis pastry. Penulis
melihat bahwa
saat ini kue juga merupakan bisnis
yang
memang memiliki
prospek kedepan
yang cukup baik. Ide pembuatan sistem pemesanan dan penjualan online ini
memiliki pertimbangan agar calon pembeli dapat melihat katalog kue yang
dijual secara online dan melakukan pembelian langsung tanpa harus datang ketempat usaha kue tersebut, sehingga tentunya dapat
membuat segala sesuatu menjadi sangat
mudah dan efisien.
2. Metode Pengumpulan Data
Fase yang digunakan
hanya pengumpulan data, desain,
implementasi
(coding) dan yang terakhir adalah pengujian sistem.
1. Pengumpulan data
Pada
tahap
ini
dilakukan pengumpulan data dan informasi, apasaja yang memang
diperlukan pada saat melakukan pemesanan
kue
antara
pihak pelanggan
dengan pihak Qanita Pastry
2. Desain dan pembuatan database
Pada tahapan
ini mencoba menterjemahkan
keinginan dari pelanggan menjadi sebuah
desain dan kerangka yang akan
diimplementasikan oleh programmer.
3. Coding
Dalam tahapan ini programmer melakukan pembuatan program
yang telah didesain
dengan menggunakan bahasa pemograman PHP dan menggunakan database MySQL,
karena PHP adalah bersifat open source
dan sangat mudah digunakan pada semua operating system
4. Pengujian
Pengujian
dilakukan secara real time dan online. Pengujian ini nantinya akan dilakukan dengan mencoba semua fitur yang ada,
diharapkan dapat menemukan
masalah yang ada, sehingga dapat
menghasilkan program atau sistem
yang teruji secara fungsional dan keseluruhan.
3. Landasan Teori
Usaha Qanita Pastry merupakan sebuah
usaha rumahan (home industri) yang bergerak dalam hal pembuatan dan penjualan berbagai macam jenis kue
terutama
jenis
pastry.
Pada
awalnya hanya dari hobi
seorang
ibu rumah
tangga, yang pada akhirnya
berkembang menjadi sumber penghasilan.
Kue
kue yang dibuat mempunya ciri khas rasa yang unik dan pastinya mempunyai harga yang ekonomis pula.
3.1 Internet
Internet
berasal dari kata Interconnection Networking yang merupakan
hubungan komputer dengan berbagai tipe yang
membentuk sistem jaringan yang mencakup seluruh dunia (jaringan komputer global) dengan melalui jalur
telekomunikasi telepon, radio link, satelit, dan lainnya.
3.2 XAMMP
Adalah
sebuah web server yang mudah digunakan, bersifat gratis dan dapat
disebarluaskan. XAMPP digunakan oleh para pengembang dan programmer web untuk menguji dan melakukan validasi sebuah halaman
web tanpa harus
terhubung dengan internet.
XAMMP tersedia untuk Microsoft
Windows, Linux, Mac, OS
dan Sun Solaris.
3.3 HTML
Hypertext
Markup Language
atau biasa disebut singkat
dengan HTML merupakan bahasa
standar yang
digunakan untuk membuat suatu dokumen web. HTML sendiri mempunyai
elemen-elemen (tags) dimana setiap
elemen memiliki fungsi yang berbeda.
3.4 Javascript
Javascript merupakan scripting language
yang terintegrasi dengan web
browser
untuk
memberikan fleksibilitas tambahan bagi programmer untuk mengontrol
element-element dalam halaman
web.
3.5 Cascade Style Sheet (CSS)
Cascade style sheet (CSS) adalah suatu bahasa style sheet
yang digunakan untuk mengatur tampilan dan tata letak suatu dokumen
yang ditulis dalam bahasa markup. Penggunaan yang paling umum adalah untuk mengatur
tampilan
situs web yang ditulis dengan format HTML dan XHTML seperti mengatur ukuran,
warna,
dan jenis huruf.
3.6 PHP
PHP (PHP Hypertext Preprocessor) adalah sebuah bahasa interpreter yang memiliki kemiripan dengan bahasa
C dan Perl, mempunyai
kesederhanaan dalam perintah dan digunakan untuk pembuatan aplikasi
web
dinamis.
Kaya akan fitur
yang membuat perancangan web dan pemograman menjadi
lebih mudah.
3.7 MySQL
MySQL merupakan salah satu software sistem manajemen database yang populer
dikalangan web programmer.
Kepopulerannya ini
dikarenakan MySQL sebuah software open source yang
bersifat gratis, memiliki
performa query database yang cepat dan jarang
bermasalah.
3.8 Relational Database Management System
(RDBMS)
Relational Database Management System
(RDBMS) atau sistem manajemen
database
relasional adalah database yang dikelompokkan
kedalam beberapa tabel dimana
masing-masing tabel saling berhubungan antara tabel yang satu dengan
tabel yang lainnya.
3.9 Data Flow Diagram
(DFD)
Data Flow Diagram adalah sebuah
teknis grafis yang menggambarkan aliran informasi
dan transformasi yang diaplikasikan pada saat bergerak dari input menjadi output.
3.10
ERD
Entity Relationship Diagram (ERD) adalah suatu
model jaringan menggunakan susunan data yang disimpan dalam
sistem
secara
abstrak. Model Data
E-R
(Entity
Relation)
didasarkan pada persepsi terhadap dunia nyata yang tersusun atas kumpulan objek-objek dasar yang
disebut entitas dan relasi. Kardinalitas relasi menunjukkan jumlah maksimum entitas yang dapat berelasi dengan entitas pada
himpunan entitas
yang
lain.
4. ANALISA DAN PERANCANGAN
SISTEM
4.1 Gambaran sistem
saat ini
Pada
saat ini Qanita Pastry menggunakan
sistem penjualan yang hanya dapat
dilayani di toko atau di rumah, dimana
pembeli harus datang
ke toko untuk meminta informasi
dan melakukan pembelian. Pada proses pemesanan manual pertama
pelanggan memilih
kue
yang ada didaftar menu,
jika telah selesai melakukan pemilihan, daftar menu yang dipesan tadi
diserahkan kepada kasir, lalu kasir
menjumlahkan harga menu yang telah dipesan,
setelah itu pelanggan membayar sesuai
dengan jumlah pesanan dan kasir membuat bukti
pembayaran dengan bukti kertas rangkap dua,
salah satu nya diserahkan ke pelanggan
dan yang
lainnya disimpan sebagai
bukti penjualan untuk laporan.
4.2 Sistem yang akan di bangun
Proses pemesanan pada web (Sistem Yang
Akan Dibangun)
4.2.1 Desain awal cara kerja sistem
Seperti pada situs belanja
online lainnya, maka blok diagram
dari
sistem adalah
seperti
pada gambar
dilakukan
termasuk pembayaran dan
tempat pengiriman pesanan.
4.2.2 Desain awal perencanaan pemesanan
User melakukan pemilihan
barang yang akan
dibeli dan memasukkan jumlah barang
yang dipesan
User memberikan konfirmasi akan pemesanan
yan
dilakukan dan memberikan data personal serta data pembelian
User melakukan pemilihan
cara
pembayaran yang akan dilakukan
Gambar 1.
Blok Diagram Sistem
Secara Keseluruhan
Pada desain awal sistem ini maka
pengunujung dari situs tidak
harus melakukan regristrasi dan login terlebih dahulu untuk
melakukan transaksi. Setelah melakukan pemesanan dan melakukan konfirmasi, langkah selanjutnya yang dilakukan oleh user adalah
memberikan identitas dirinya serta
memilih metode pembayaran yang akan dilakukan.
Pemberian
identitas
ini dimaksudkan untuk
kepentingan verifikasi dari transaksi yang akan
Toko akan memberikan invoice
dan cara pembayaran
Gambar 2.
Blok Diagram Pemesanan Kue
Langkah-langkah yang dilakukan pengunjung situs adalah :
- Pengunjung melihat katalog kue, dapat
langsung memasukkan kedalam keranjang belanja
- Calon pembeli melakukan
konfirmasi
dan
memberikan data-data yang lengkap dan
akurat
- Calon pembeli diminta untuk memilih metode pembayaran
- Pembeli
menerima
invoice
dan konfirmasi pembelian.
pembeli akan mendapatkan
informasi tentang
rekening
serta
batas
akhir pembayaran
diterima
Pembeli
akan melakukan pembayaran
konfirmasi
setelah pembayaran diterima, maka
barang akan dikirim
Gambar 4.
|
Flowchart Pemilihan Cara
Pembayaran
Pada gambar
diatas
merupakan flowchart dari cara pembayaran yang dapat dilakukan pada situs ini.
Situs ini memiliki 2
cara melakukan
pembayaran, yaitu secara transfer antar
bank dan COD (Cash On Delivery)
Gambar 6.
Blok Diagram Transfer
Antar Bank
4.2.3 Entity Relationship Diagram
Gambar
7.
Entity Relationship Diagram
Setelah
melakukan add to chart dan pengisian data,
maka pembeli menentukan tanggal pembeliannya
Penjual
melakukan konfirmasi tempat
& tanggal pengiriman terhadap
pembeli
Pada waktu yang ditentukan maka
barang akan diantar dan pembayaran
dilakukan
ditempat
Gambar 5.
Blok Diagram Cash On Delivery
5. IMPLEMENTASI
1. Tampilan home
Gambar 8. Tampilan
Home
2. Tampilan profile
Gambar 9. Tampilan Profile
3. Tampilan cara pemesanan
Gambar
10. Tampilan Cara Pemesanan
4. Tampilan
pemesanan
Gambar
11. Tampilan Pemesanan
5. Tampilan lihat pemesanan
7. Tampilan konfirmasi pembayaran
|
Gambar 12. Tampilan
Lihat Pemesanan
6. Tampilan konfirmasi data
Gambar 14.
Tampilan Konfirmasi Pembayaran
|
8. Tampilan konfirmasi pembayaran
Gambar 13. Tampilan Konfirmasi Data
Gambar 15.
Tampilan Konfirmasi Pesanan
9. Tampilan akhir pemesanan
11. Implementasi antar muka admin
|
Gambar 16. Tampilan Akhir Pemesanan
10. Tampilan invoice
Gambar 17. Tampilan Invoice
Gambar
18. Tampilan Antar Muka Admin
12. Tampilan pesanan
Gambar
19. Tampilan Pesanan
13. Tampilan produk
15. Tampilan promo
|
Gambar
20. Tampilan Produk
14. Tampilan kategori
Gambar 22. Tampilan Promo
|
16. Tampilan antar muka owner
Gambar 21. Tampilan
Kategori
Gambar 23. Tampilan Antar Muka Owner
17. Tampilan laporan
invoice
Gambar 24. Tampilan Laporan Invoice
18. Tampilan laporan
menu
Gambar 25. Tampilan Laporan Menu
6. PENUTUP
6.1 Kesimpulan
Berdasarkan analisis, perancangan dan pengujian
website pemesanan
dan
penjualan kue online, maka dapat diambil
kesimpulan sebagai
berikut :
1. Website ini menyediakan aneka kue,
terutama jenis pastry.
2. Website
ini
menyediakan
semua informasi mengenai Toko Kue Qanita Pastry.
6.2 Saran
1. Bahwa untuk selalu
dipercaya oleh
customer
hendaknya pemilik Toko dalam hal
ini
pengelola Qanita Pastry selalu
cepat
dan
tepat aktif dan responsif dalam menangani
pesanan maupun keluhan yang sekiranya akan dihadapi setiap
saat
2. Perlu adanya pengembangan lanjutan dari beberapa
fitur
yang sudah
dibuat, agar dapat
selalu berkembang menuju kemudahan.
DAFTAR PUSTAKA
F.K. Sibere,
Alexander. (2012). Kitab Suci Web
Programming.
Jakarta :
MediaKom
Hakim, Lukmanul, & Musalini, Uus. (2003). 150 rahasia dan trik Menguasai PHP.
Jakarta: Elex Media
Komputindo.
Haryanto, Steven. (2004).
PHP : Kumpulan
resep pemograman.
Jakarta :
Dian Rakyat
Kadir, Abdul. (2003). Pemograman web mencakup;
Html, Css, Javascript & PHP. Yogyakarta: Andi.
Tim EMS.
(2012).
Web Programming for
Beginners.
Jakarta :
Elex Media Komputindo.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar